“Bisnis Daging Sapi Impor Sangat Menggiurkan”

Senin, 04 Februari 2013

“Bisnis Daging Sapi Impor Sangat Menggiurkan”


Bisnis Daging Sapi Impor Sangat Menggiurkan

Posted: 04 Feb 2013 01:23 AM PST

Jakarta - Bisnis daging sapi impor sangat menggiurkan karena keuntungannya sangat signifikan, hingga 100%. Meskipun secara volume, impor daging sapi relatif kecil jika dibandingkan dari seluruh total impor Indonesia.

"Impor daging sapi terhadap total nilai impor itu relatif kecil dan kontribusinya juga kecil. Keuntungan itu harga kita saat ini US$ 9,5/Kg (di dalam negeri) sedangkan di Singapura dan Australia itu hanya US$ 4-4,5/Kg, jadi selisihnya US$ 5 per Kg. Itu dan itulah keuntungannya," kata Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Senin (4/2/2013).

Naiknya harga daging di Indonesia yang sudah mencapai US$ 9,5/Kg disinyalir sebagai dampak dari adanya pengetatan jumlah impor atas daging beku. "Ini diduga datang dari kebijakan kita mengurangi jumlah impor. Jika ada aturan monopoli kita akan terapkan undang-undang persaingan usaha," katanya.

Namun upaya peningkatan sapi lokal masih jauh dari harapan. Sehingga terbatasnya kuota impor dan minimnya peningkatan sapi lokal membuat pasokan daging sangat minim.

"Ini harus ada peningkatan sapi lokal. Sekarang ini harga tinggi di kalangan konsumen dan ritel. Di daerah coba pasok itu (daging sapi). Bahkan sudah ada restoran yang tidak menjual produk daging karena nggak ada daging bahkan di Bandung sapi perah sudah dipotong untuk diambil dagingnya. Fenomena ini harus dilihat," tegasnya.

(hen/hen)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Diposkan oleh iwan di 01.24  

0 komentar:

Poskan Komentar