“Mahasiswa UI Diharapkan Pelopori Wirausahawan Mandiri - Gatra”

Rabu, 30 Januari 2013

“Mahasiswa UI Diharapkan Pelopori Wirausahawan Mandiri - Gatra”


Mahasiswa UI Diharapkan Pelopori Wirausahawan Mandiri - Gatra

Posted: 30 Jan 2013 01:06 AM PST

Jakarta, GATRAnews - Kementerian Koperasi dan UKM mengundang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) untuk merintis usaha mandiri sebagai wirausahawan, sekaligus mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat di sekitarnya.

"Kami ingin mengundang teman-teman mahasiswa di UI untuk menjadi wirausahawan," kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso Budi Susetio, di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Rabu (30/1).

Menurut Prakoso, sebagaimana dilaporkan Antara, menjadi wirausahawan bukan berarti tuntutan untuk mendukung program pemerintah. Namun, katanya, justru membantu diri sendiri untuk berkembang dan maju.

"Jangan berpikir menjadi wirausahawan berarti membantu pemerintah tapi ini untuk membantu diri kalian sendiri, meski pada akhirnya nanti akan membantu negara dalam hal membuka peluang usaha bagi masyarakat," katanya.

Pihaknya berharap, mahasiswa UI sanggup memelopori dan memotori Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2013.

"Kita masih memerlukan setidaknya 1 juta wirausahawan baru tahun ini untuk mencapai target jumlah wirausaha dua persen dari populasi penduduk," katanya.

Ia memperkirakan sampai saat ini, rasio pengusaha di Indonesia baru 1,9 persen atau setara dengan sekitar 4 juta pelaku usaha.

Ia sekaligus mengundang mahasiswa UI untuk ikut serta dalam kompetisi bisnis plan dalam rangkai GKN 2013.

Meski demikian, dia mengingatkan agar mahasiswa yang mengikuti lomba penulisan proposal bisnis, harus berlaku jujur, jangan membuat proposal yang kurang rasional dari sisi permodalan dengan usaha yang hendak dijalankan.

Pemenang lomba penulisan proposal bisnis diumumkan pada 18 Maret 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, bersamaan peringatan tiga tahun GKN.

Acara itu akan dihadiri entrepreneurs muda dunia termasuk penemu Twitter Isaac Biz Stone dan adik penemu Facebook Randi Zuckerberg, berikut artis ternama ibu kota, serta dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. (TMA)

Berita Lainnya :

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 01.37  

0 komentar:

Poskan Komentar