“KEK SEI MANGKE segera dibangun Januari 2013 - Bisnis Indonesia”

Sabtu, 05 Januari 2013

“KEK SEI MANGKE segera dibangun Januari 2013 - Bisnis Indonesia”


KEK SEI MANGKE segera dibangun Januari 2013 - Bisnis Indonesia

Posted: 04 Jan 2013 10:25 PM PST

MEDAN: Proyek pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke, Sumatera Utara rencananya mulai digroundbreaking pada Januari 2013 yang akan dipimpin PT Unilever Oleochemical Indonesia.

Kepala Bappeda Sumatera Utara Riadil A Lubis mengatakan saat ini sudah tidak ada lagi kendala yang mengganjal apalagi dengan telah diterbitkannya Perda RTRWP No 10/2012 pada akhir tahun lalu.

Hal tersebut, sambungnya dapat mempercepat status peruntukan tanah yang selama ini dikuasai oleh PT Perkebunan Nasional (PTPN II) sebagai hak guna usaha (HGU) menjadi hak pengelolaan lain (HPL) untuk para investor.

Saat ini proses tersebut sedang menunggu legalisasi dan administrasi yang terkait dengan Badan Pertanahan Nasional. 

"Info dari Unilever saat rapat di Menko, Januari ini mereka akan groundbreaking di Sei Mangke, harapannya mereka (Unilever) bisa menjadi pionir," ujar Riadil kepada Bisnis, Jumat (4/1/2013).

PT Unilever Oleochemical Indonesia merupakan salah satu investor yang akan berinvestasi di Sei Mangke di atas lahan seluas 27,39 hektar dengan investasi Rp2,45 triliun.

Perusahaan yang berelasi langsung dengan PT Unilever Indonesia Tbk ini akan berinvestasi di bidang olio cemical dari PKO menjadi sup nodle yang nantinya akan dihasilkan batangan-batangan sabun dengan apasitas produksinya  165.000 ton per tahun.

Riadil mengatakan untuk mendukung infrastruktur di kawasan yang akan menjadi pusat klaster industri hilir kelapa sawit, pemerintah juga mempercepat proses pembangunan kereta api dari Sei Mangke hingga Kuala Tanjung yang rencananya akan dimulai pada tahun ini.

Selain melalui jalur kereta juga akan dibangun jalan akses  juga akan dibangun jalan nasional dari Kuala Tanjung menuju Sei Mangke sepanjang 22 km, serta perbaikan jalan dari kawasan tersebut sepanjang 3 km.

"Dukungan infrastruktur sedang progres untuk mendukung kawasan tersebut," tuturnya.  (ra)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 01.46  

0 komentar:

Poskan Komentar