“BANJIR JAKARTA: Pengusaha mengaku rugi Rp500 miliar per hari - Bisnis Indonesia”

Sabtu, 19 Januari 2013

“BANJIR JAKARTA: Pengusaha mengaku rugi Rp500 miliar per hari - Bisnis Indonesia”


BANJIR JAKARTA: Pengusaha mengaku rugi Rp500 miliar per hari - Bisnis Indonesia

Posted: 19 Jan 2013 12:15 AM PST

JAKARTA: Kerugian pengusaha nasional akibat bencana banjir diperkirakan mencapai Rp500 miliar per hari. 

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) Sanny Iskandar mengatakan kenaikan berbagai sarana utilitas  produksi dan perdagangan seperti tarif lisrik, gas alam dan juga upah kerja akan semakin memberatkan pengusaha dengan adanya bencana banjir di awal tahun ini. 

Menurutnya, bencana banjir khususnya di kawasan industri yang melumpuhkan kegiatan perdagangan memberikan dampak yang sangat besar bagi perekonomian di Indonesia. 

"Sebanyak 30-40% kegiatan perdagangan dan industri manufaktur Indonesia berpusat di Jabodetabek dan Karawang," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (19/1). 

Sanny yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia ini merinci besarnya kerugian yang ditanggung tersebut akibat dari terganggunya pengoperasian kegiatan produksi di sektor industri, dan kerusakan sarana dan prasarana produksi. 

Kemudian, sambungnya, terhambatkan arus distribusi bahan baku dan barang jadi, serta terjadinya pembatalan transaksi bisnis sampai timbulnya claim/tuntutan dari pihak pembeli/buyer di luar negeri, juga mengakibatkan kerugian yang besar bagi dunia usaha. (faa)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 01.12  

0 komentar:

Poskan Komentar