“KINERJA USAHA: Laba bersih OCBC S$1,85 miliar - Bisnis Indonesia”

Sabtu, 10 November 2012

“KINERJA USAHA: Laba bersih OCBC S$1,85 miliar - Bisnis Indonesia”


KINERJA USAHA: Laba bersih OCBC S$1,85 miliar - Bisnis Indonesia

Posted: 09 Nov 2012 06:36 AM PST

SINGAPURA-- Laba bersih Oversea-Chinese Banking Corporation (OCBC) melonjak lebih dari tiga kali lipat menjadi S$1,85 miliar atau setara US$1,51 miliar pada triwulan III/2012 dari S$513 juta pada periode yang sama tahun lalu.

Perusahaan jasa keuangan yang berpusat di Singapura ini juga meraih one-time gain sebesar S$1,13 miliar, melampaui proyeksi enam analis sebesar S$615 juta.

Lonjakan laba bersih OCBC disebabkan oleh penjualan saham milik OCBC pada perusahaan Fraser & Neave Ltd (F&N) dan Asia Pacific Breweries Ltd (APB).

APB merupakan perusahaan patungan antara OCBC dengan Heineken NV yang memproduksi Tiger Beer sedangkan F&N dikenal sebagai produsen minuman kalengan.

"Kami menantikan gebrakan berikutnya yang akan dilakukan OCBC dengan keuntungan divestasi saham F&N dan APB," ujar analis Phillip Securities Pte Ken Ang, Jumat (9/11/2012).

Ang berharap OCBC tidak mendistribusikan keuntungan tersebut sebagai dividen melainkan disimpan sebagai persiapan menghadapi Basel III dan pemenuhan likuiditas. Hal tersebut mengacu pada kebijakan regulator untuk mengantisipasi terjadinya krisis keuangan.

Selain itu, pendapatan bunga bersih OCBC meningkat 8% menjadi S$944 juta sedangkan margin bunga bersih (net interest margin/NIM) turun menjadi 1,75% dari 1,85% per September 2011.

Pendapatan non bunga bank kedua terbesar di Asia Tenggara ini, di luar keuntungan divestasi saham, turut melesat 73% menjadi S$754 juta. Unit usaha asuransi, trading, dan wealth management berkontribusi besar atas peningkatan pendapatan non bunga.

Unit usaha asuransi OCBC, yakni Great Eastern Holding Ltd membukukan perolehan laba bersih S$198 juta atau melesat lima kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu S$40,4 juta.

"Kinerja Great Eastern juga di luar ekspektasi. Pertumbuhan laba bersih ditopang oleh pendapatan trading dan bisnis asuransi jiwa," kata Ang.

OCBC menyisihkan S$70 juta untuk penurunan nilai kredit dan aset lainnya pada triwulan III/2012 atau naik dari S$38 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. (Bloomberg/edw/msb)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 01.17  

0 komentar:

Poskan Komentar