“Cara Sukses Bisnis Online Shop”

Rabu, 28 November 2012

“Cara Sukses Bisnis Online Shop”


Cara Sukses Bisnis Online Shop

Posted: 28 Nov 2012 01:12 AM PST

Belanja online menjadi tren yang semakin melambung. (idiva.com)

Belanja online menjadi tren yang semakin melambung. (idiva.com)

VIVAlife - Gerai online semakin mewabah, seiring popularitas penggunaan internet yang kian menanjak. Memanfaatkan jejaring sosial, blog, atau website, mereka dengan percaya diri bersaing merebut pelanggan mal dan toko-toko konvensional.

Meski terbilang lebih mudah dan murah dalam menjajakan barang dagangan, bukan berarti bisnis seperti ini tidak memiliki hambatan. Yang terpenting adalah kemampuan menjamin produk 99 persen sama dengan gambar yang terpampang di halaman situs.

Riana Bismarak adalah salah satu yang merintis bisnis online shop. Melalui laman BelowCepek.com, ia menggagas ide segar dengan menjajakan produk yang semuanya seharga di bawah Rp100 ribu. Semua produk pun asli produksi anak negeri.

"Harga semua barang paling mahal Rp99 ribu, paling murah Rp19 ribu," ujar wanita yang pernah gagal menjalani bisnis konvensional ini. "Saya ingin bekerja sama dengan usaha kecil menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

Satu tahun sudah terlewat dengan berbagai suka dan duka. Online shop yang ia jalani mulai membuahkan hasil dengan menarik ribuan konsumen.

Tak hanya Riani Bismarak yang merasakan manfaat internet untuk berbisnis secara online melalui BelowCepek. Masih ada sederet online shop lokal yang terserak di jagat maya. Sebut saja Zalora, BerryBenka, LocalBrand, Ratimaya, Scallope, dan Laavaa.

Riana pun mencoba membagi tips bagi mereka yang tertarik menjajal bisnis online shop:

1. Memilih desain website yang menarik. Ini penting untuk memancing pengunjung mengeksplorasi barang dagang yang pada akhirnya memancing hasrat belanja. Butuh persiapan modal yang cukup untuk membuat website yang menarik dengan koneksi internet lancar.

2. Menentukan produk dagangan yang potensial. Pilih produk yang sudah memiliki pasar jelas. Produk yang sedang menjadi minat dan kebutuhan masyarakat saat ini. Memahami tren dan kemauan pasar menjadi elemen penting.

3. Membangun jaringan konsumen. Kita mungkin boleh menerapkan konsep 'pembeli adalah raja'. Jalin hubungan baik dengan semua konsumen. Beri pelayanan maksimal agar mereka merasa puas dan mendapat perhatian. Ini penting untuk menarik konsumen sebagai pelanggan setia.

4. Upayakan menjadi penjual profesional yang bertanggung jawab atas produk dagangan dan segala bentuk pelayanan. Misalkan, segera memberi solusi bila terjadi kerusakan barang setibanya sampai di tangan konsumen. Pastikan pula produk memiliki kualitas terbaik sesuai klaim agar konsumen tak merasa tertipu dan berpindah ke online shop lain.

5. Promosi. Di tengah persaingan bisnis online shop yang menjamur, kita harus memiliki strategi untuk tampil menonjol. Mulainya dengan promosi ringan seperti membuat kuis berhadiah untuk konsumen yang bersedia mention akun online shop kita, atau bagi konsumen yang bisa mengajak orang lain belanja. Selain promosi, sediakan ruang kritik dan saran yang akan menjadi acuan untuk memperbaiki pelayanan sesuai kebutuhan konsumen.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 01.33  

0 komentar:

Poskan Komentar