“Wilmar Ajukan Permohonan Tax Holiday”

Senin, 01 Oktober 2012

“Wilmar Ajukan Permohonan Tax Holiday”


Wilmar Ajukan Permohonan Tax Holiday

Posted: 30 Sep 2012 02:20 PM PDT

JAKARTA - Grup usaha bisnis Wilmar mengajukan permohonan untuk mendapatkan tax holiday. Langkah itu menyusul rencana investasi pembangunan industri hilir petrokimia berbasis pertanian oleh Wilmar Elevance Pte Ltd melalui PT Asia Persada Indonesia.

Kepala Pusat Pengkajian Kebijakan dan Iklim Usaha Industri BPKIMI Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harris Munandar mengatakan, nilai investasi tersebut diperkirakan mencapai USD250,5 juta dan akan dibangun di Gresik, Jawa Timur.

"Investasi dilakukan oleh grupnya Wilmar. 100 persen PMA (Penanaman Modal Asing). Mereka mengajukan surat permohonan penerapan insentif tax holiday kepada Menteri Perindustrian," kata Harris di Jakarta akhir pekan lalu.

Menurutnya, investasi tersebut akan menghasilkan produk turunan petrokimia yang sebagian besar, diutamakan untuk ekspor. Dia menambahkan, produksi komersial akan mulai dilakukan 2016 mendatang. "Mereka maunya bisa cepat konstruksi, sekitar tahun 2013. Tapi, belum dicantumkan di surat permohonan ke Menperin kemarin," papar Harris.

Pada awalnya, kata dia, investasi itu tidak mengajukan insentif tax holiday, karena hanya dimulai dengan pengajuan izin prinsip investasi dengan nilai sebesar USD26 juta. Adapun sekitar USD3 juta diantaranya merupakan modal sendiri.

Sementara itu, kata dia, untuk pengajuan tax holiday investasinya minimal USD130 juta. "Kemudian, pengajuan dilakukan atas rencana investasi USD250,5 juta,"

Namun dia mengaku belum mengetahui rencana investasi tersebut secara lebih rinci.  "Bahan bakunya apa saja dan produk-produknya, tunggu rencana bisnisnya. Yang jelas, ada produksi olefin dan bahan baku CPO di situ," ujarnya.

Setelah pengajuan surat permohonan, lanjutnya, Menteri Perindustrian akan menunggu kajian dari Ditjen Industri Agro dan BPKIMI Kemenperin. Kemudian akan memberikan rekomendasi kepada Menteri Keuangan. (Sandra Karina/Koran SI/wdi)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 01.25  

0 komentar:

Poskan Komentar