Bisnis Ibu Rumah Tangga | Galeriukm Online”

Rabu, 17 Oktober 2012

“<b>Bisnis</b> Ibu Rumah Tangga | Galeriukm Online”


<b>Bisnis</b> Ibu Rumah Tangga | Galeriukm Online

Posted: 17 Oct 2012 12:03 AM PDT

Bisnis Ibu Rumah TanggaUSAHA IBU RUMAH TANGGA — Meski status formalnya adalah ibu rumah tangga namun tidak menghalangi untuk tetap berkreasi bahkan menghasilkan uang dari bisnis yang dilakoni. Inilah yang dibuktikan oleh para ibu di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat. Sekelompok ibu-ibu rumah tangga ini tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama Kenanga menekuni usaha rumah tangga dalam bidang makanan dan minuman. Usaha yang pada mulanya bermodalkan uang patungan itu akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan. Menurut Rustiana, Ketua KUB Kenanga, modal awal untuk memulai usaha hanyalah 6 juta rupiah yang secara sukarela hasil patungan para ibu.

Usaha Rumah Tangga Mengolah Dodol Dan Sirup

Kelompok Usaha Bersama Kenangan sendiri saat ini fokus pada makanan dan minuman dengan bahan baku terdiri dari buah-buahan seperti belimbing, jambu merah dan rumput laut.

Apa yang dilakukan oleh para ibu tersebut benar-benar teruji, karena mampu menghasilkan komoditas dodol buah dan sirup serta minuman segar siap saji. Menurut Rustiana, jika ingin mencoba wingko dengan rasa khas jambu merah, maka KUB Kenanga siap menerima order.

Tidak hanya wingko jambu merah yang dihasilkan. Usaha di bawah koordinasi Rustiana juga mampu menyajikan wingko dari belimbing. Karena itu KUB Kenanga dikenal dengan usaha produksi makanan oleh-oleh dari Depok.

Di dalam proses produksi usaha makanan para ibu rumah tangga ini, mereka sudah memiliki pembagian tugas yang jelas dan spesifik, sehingga tidak saling tumpang tindih. Misalnya saja ada yang memproduksi juice dari bahan baku belimbing, jambu merah. Kelompok lain ada yang memproduksi wingko dari jambu merah dan belimbing.

Kurang Pada Bidang Pemasaran

Perjalanan selama kurang lebib 4 tahun menjalani bisnis makanan dan minuman ini membuat usaha ibu rumah tangga Kelompok Usaha Bersama Kenanga cukup mapan. Namun demikian masih kurang di bidang pemasaran, karena mereka masih fokus di bidang produksi. Salah satu langkah untuk pemaran produksi adala melalui berbagai event pameran.

Menurut Rustiana, KUB Kenanga masih terkendala dalam hal kemampuan finansial memasarkan hasil olahan makanan dan minuman. Karena itu sukar melakukan diservikasi produk, namun masih bisa mengembangkan ke satu komoditas lain, yakni manisan yang terbuat dari belimbing dan jambu merah.

Eksistensi usaha yang ditekuni para ibu rumah tangga ini banyak didukung oleh tenaga sukarelawan dari Instansi pemerintah. Ada hubungan timbal balik, para sukarelawan menerima pelatihan secara cuma-Cuma untuk mendapat ilmu tambahan mengolah industri makanan sedangkan para ibu dibantu dalam proses produksi.

Berkat kerjasama dengan pemerintah, KUB Kenanga mendapat fasilitas secara Cuma-Cuma berupa mesin penggiling pembuat dodol dari pembina tersebut. KUB Kenanga juga mendapat bantuan dari pemerintah provinsi Jawa Barat , berupa dana sosial sebesar Rp12 juta sebagai stimulant. Dana stimulant tersebut sangat membantu dalam mengembangkan divisi usaha baru yang mendukung operasional kelompok usaha yang mengutamakan kreativitas.

Usaha Rumah Tangga Menembus Pasar Modern

Salah satu upaya untuk memasarkan produk KUB Kenanga adalah dengan memasuki pasar modern. Meski skala usahanya adalah usaha kecil dan usaha rumah tangga namun olahan makanan KUB Kenanga mampu bersaing menembus pasar modern. Produk paling anyar yaitu olahan makanan dari rumput laut telah masuk ke pasar modern. Produk Olahan dari rumput laut yang telah dihasilkan adalah manisan rumput laut, dan menyusul dalam waktu dekat akan dihasilkan bakso rumput laut, dodol rumput laut dan es krim rumput laut.

Dalam memasuki pasar modern ini, yang menjadi kunci keberhasilan pemasaran produk KUB Kenanga adalah pada kemasan atau packaging setiap komoditas. Kemasan yang dipergunakan tidak kalah dengan minimarket modern. Pemanfaatan kemasan untuk label dan botol juice siap minum maupun juice yang harus ditambah dengan air, sama menariknya dengan kemasan yang dipergunakan untuk komoditas dodol, wingko dan manisan.

Meski masih banyak yang harus dikembangkan, namun semangat para ibu rumah tangga KUB Kenanga ini dalam mengembangkan bisnis patut diacungi jempol. Meski usaha tanpa modal besar mampu berkreasi membangun bisnis yang nyata. Semoga Sukses Bu…!

Sumber:

http://www.bisnis.com/articles/wirausaha-wanita-kelompok-usaha-bersama-kenanga-berawal-dari-modal-rp6-juta-1

Bookmark and Share

Related posts:

  1. Usaha Ibu Rumah Tangga Menghasilkan Jutaan Rupiah
  2. Kiat Mengelola Bisnis Ibu Rumah Tangga
  3. Merah Merona Peluang Usaha Budidaya Jambu Jamaika
  4. Beberapa Peluang Usaha Yang Bisa Dilakukan Dari Rumah
  5. Bisnis Donat Ubi Bermodal Banyak Chanel

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 01.10  

0 komentar:

Poskan Komentar