“Bumi Resources nilai Investigasi Upaya Rusak Nilai Bisnis - Portal CBN”

Jumat, 28 September 2012

“Bumi Resources nilai Investigasi Upaya Rusak Nilai Bisnis - Portal CBN”


Bumi Resources nilai Investigasi Upaya Rusak Nilai Bisnis - Portal CBN

Posted: 28 Sep 2012 12:19 AM PDT

Bumi Resources nilai Investigasi Upaya Rusak Nilai Bisnis
Economy Fri, 28 Sep 2012 14:39:00 WIB

PT Bumi Resources Tbk mengatakan investigasi yang dilakukan Bumi Plc, induk usahanya yang berbasis di London, merupakan upaya untuk menjatuhkan reputasi salah satu perusahaan dengan cadangan terbesar di Indonesia itu.

Direktur Bumi Resources Dileep Srivastava mengatakan isu tersebut tidak menguntungkan bagi pihaknya dan sebenarnya merupakan masalah internal sejumlah pemegang saham yang memilih untuk menguaknya ke publik melalui media.

" Ini terlihat seperti sebuah upaya untuk merusak nilai bisnis kami dengan merangkai isu internal dan membocorkannya ke publik untuk motif yang meragukan," ujarnya dalam sebuah e-mail.

Seperti yang diberitakan sebelumnya (24/9), Bumi Plc, pemegang 29% kepemilikan Bumi Resources, mengatakan mulai menyelidiki dugaan penyimpangan laporan keuangan dan telah menyewa pengacara untuk memeriksa penghapusan dana pengembangan dan eksplorasi aset senilai US$637 juta.

Manajemen Bumi Resources dalam sebuah rilis (26/9) mengatakan tidak mengetahui adanya investigasi yang dilakukan oleh induk usahanya.

Pernyataan tentang investigasi itu memicu penurunan rating oleh 2 lembaga pemeringkat internasional. S&P memangkas rating jangka panjang Bumi Resources satu level menjadi B+ dari BB- pada Rabu (26/9). Sehari sebelumnya, Moody's mengubah prospek rating perusahaan menjadi negatif dari stabil.

Ketua Bapepam-LK Ngalim Sawega mengatakan audit tersebut wajar dilakukan oleh induk usaha. Sementara itu, pihak Bursa Efek Indonesia meminta Bumi Resources dan PT Berau Coal Energy Tbk, yang juga 85% dimiliki Bumi Plc, untuk memberi penjelasan kepada masyarakat terkait dengan adanya dugaan penyimpangan dana seperti yang dituduhkan oleh induk usaha mereka.

Selama perdagangan di Bursa Efek Indonesia sesi pagi Jumat (28/9), harga saham BUMI tidak bergerak di level Rp730. Sementara itu, harga saham Bumi Plc di London turun 5,7% menjadi 147,1 pence pada penutupan Kamis (27/9).(api)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 01.36  

0 komentar:

Poskan Komentar