“USAHA KECIL MENENGAH: Inkubator bisnis tunggu perpres”

Senin, 13 Agustus 2012

“USAHA KECIL MENENGAH: Inkubator bisnis tunggu perpres”


USAHA KECIL MENENGAH: Inkubator bisnis tunggu perpres

Posted: 13 Aug 2012 12:42 AM PDT

JAKARTA: Kementerian Koperasi dan UKM menunggu presiden menandatangani peraturan tentang Pengembangan Inkubator Bisnis atau Teknologi Nasional.

"Draf perpres [peraturan presiden] itu sudah ada di setneg, tinggal menunggu pengesahan untuk mengatur lebih jauh lagi tentang pengembangan inkubator bisnis," ujar Karimuddin, Asisten Deputi Urusan Penelitian UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Senin (13/9/2012).

Menurut dia, apabila regulasi tentang pengembangan inkubator bisnis/teknologi itu ada maka kementerian terkait dapat memiliki payung hukum dalam mengembangkan usaha baru berbasis ilmu pengetahuan dengan lebih mengarah pada wirausaha.

Inkubator bisnis/teknologi nasional itu, lanjutnya, dalam draf regulasi itu disebutkan sebagai sebuah lembaga intermediasi yang melakukan proses inkubasi terhadap tenant melalui pelayanan penyediaan tempat.

Penyediaan tempat itu sebagai sarana beserta fasilitas pendukung lainnya, akses teknologi, akses pemasaran, akses permodalan, pelatihan, pendampingan, dan bimbingan kewirausahaan.

Sejak 2010 sampai dengan saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan empat perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki
lembaga inkubator bisnis.

Keempat kampus itu adalah Institut Teknologi Bandung dalam pengembangan manufaktur dan Institut Pertanian Bogor untuk pengembangan wirausaha agroindustri.

Universitas Brawijaya bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam pengembangan inkubator bisnis bidang agroindustri, serta ITS Surabaya dalam bidang ekonomi kreatif. (ra)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 01.21  

0 komentar:

Poskan Komentar