Bisnis pemula Program Mahasiswa Wirausaha - mienblog”

Kamis, 16 Agustus 2012

“<b>Bisnis</b> pemula Program Mahasiswa Wirausaha - mienblog”


<b>Bisnis</b> pemula Program Mahasiswa Wirausaha - mienblog

Posted: 15 Aug 2012 08:29 PM PDT

Dalam menjalankan usaha program mahasiswa wirausaha hendaknya memperhatikan hal hal dibawah ini sebagai bekal dalam menjalankan usaha

1. Analisa  Keuangan

Dalam memulai usaha sendiri adalah mengetahui kondisi keuangan baik yang bersumber dari bantuan modal wirausaha maupun sumber lain rencana pengeluaran baik untuk biaya tetap maupun biaya variable harus terinci . Untuk apa dan bagaimana pengeluaran tersebut dan perkiraan pendapatan setiap bulannya . Usaha mahasiswa harus ada data keuangan  sejak usaha dibangun baik usaha jasa, agrokomplek, makanan dan sovenir layak mendapatkan semua itu Perhatikan kondisi seluruh keuangan anda dengan baik, tak hanya keuangan pribadi tapi juga perkiraan biaya yang diperlukan untuk membuka usaha sendiri tersebut. Berapa banyak uang yang diperlukan untuk memulai? Berapa biaya operasinya setelah satu minggu berjalan? Dengan dana dari panitia PMW yang maximal Rp. 8.000.000 cukupkah modal atau anda masih perlu tambahan modal dari orangtua, perbankan atau teman anda perlu dicermati dengan teliti sehingga kondisi keuangan riil akan terlihat.

2. Perhatikan Stabilitas Usaha dan karakter bisnis

Dalam menjalankan usaha uang bukan faktor utama dalam menjalankan bisnis . Anda juga harus mempunyai  karakter yang kuat dalam berbisnis. Ibarat main bola anda kapan harus main cantik,kapan bertahan ,menyerang kapan bermain keras bukan kasar dan harus bisa mengatur irama permainan. Disamping itu disiplin menjadi kunci suksesnya usaha.

3. Palnning horizon dan pemasaran

Jika kerja anda adalah kerja tim atau anda menjalankan bisnis bersama teman anda harus bias menjadi kapten tim yang baik jangan berpikir dulu anda adalah bos meskipun anda telah memiliki karyawan, harus punya planning horizon dan strategi pemasaran dengan pembagaina job description yang jelas tetapi harus saling mengisi kekurangan dan kelemahan masing masing.

4. Membagi waku antara bisnis dan kuliah

Pandai pandailah membagi waktu dengan berbisnis dan kuliah harus punya manajemen waktu, kuliah sambil berbisnis tentu beda dengan bisnis sambil kuliah sejak awal datang kekampus anda untuk kuliah dengan mengejar prestasi akademik yang baik supaya tidak mengecewakan orang tua  dengan mengenal kwirausahaan dikampus anda mulai berbisnis. Kalau bisnis sambil kuliah tentu target utama adalah mencari keuntungan dengan cara memperbesar bisnisnya kuliah naya sekedar sampingan diselasela waktu luangnya. Hal ini tidak dapat dilakukan bagi mahasiswa UB yang berwirausaha, mengingat jadwal kuliah yang padat tugas tugas terstruktur yang banyak. Maka harus pandai pandai mengatur waktu dimana terus mencari peluang untuk pengembangan usaha dan jadwal kuliah. Pangsa pasare mana yang akan dibidik tentu dengan kemampuan intelektualnya harus bias melakukan survey pasar.   Biasanya butuh beberapa bulan untuk benar-benar start up bisnis mahasiswa, teori bisnis sudah punya tapi bagaimana penerapan diliangan masih perlu kita tertentu untuk mencapai sukses.

5.  Masa Awal bisnis yang penuh tantangan

Ketika bisnis kita mulai dihadapkan dengan berbagai masalah misalnya lokasi bisnis, tantangan barang pesaing sejenis, perijinan dan lainlain. Dalam mengawali bisnis anda harus bermitra baik sebagai marketing, supplier barang dan konsultasi bisnis dengan cara observasi tentang bisnis mitar usaha, Dengan observasi anda dapat melakukan kesimpulan kesimpulan bagaimana menjalankan bisnis.

Segera setelah  siap dengan strategi bisnis, bagaimana menjalankan  sebuah entitas bisnis yang legal. Urus semua urusan administrasi untuk keperluan usaha supaya tidak ada aspek hukum yang bisa mengganjal anda di kemudian hari. Anda harus segera mengakhiri masa transisi ini dengan menentukan pilihan, apakah anda sudah siap mengerjakan bisnis atau masih ingin jadi pegawai, buruh pabrik? Semakin cepat masa transisi ini terselesaikan maka semakin cepat pula bisnis anda dimulai.

7. Menjalin hubungan

Silaturachmi dengan rekan bisnis, mitra usaha dan pengembangan jaringan harus tetap terjalin hal ii untuk memudahkan dalam menjalankan suatu usaha baik aspek marketing, supplier ataupun konsultasi bisnis.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 01.20  

0 komentar:

Poskan Komentar