“Dirjen PEN: Bisnis Online Sangat Menjanjikan - Gatra”

Rabu, 27 Juni 2012

“Dirjen PEN: Bisnis Online Sangat Menjanjikan - Gatra”


Dirjen PEN: Bisnis Online Sangat Menjanjikan - Gatra

Posted: 27 Jun 2012 01:12 AM PDT

Jakarta - Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag, Gusmardi Bustami, menilai, prospek pemasaran melalui media online atau internet sangat menjanjikan. Selain lebih murah, juga dapat mempromosikan hingga ke belahan dunia mana pun. 

"Media promosi online memiliki keunggulan dibandingkan dengan media lainnya karena tidak ada batasan wilayah dalam berpromosi. Kita bisa mempromosikan produk, baik barang ataupun jasa, ke seluruh dunia hanya dari tempat kita mengakses internet," kata Gusmardi, dalam siaran pers yang diterima Gatranews, Selasa (26/6), di Jakarta.

Menurutnya, promosi melalui online atau internet juga terkenal lebih murah dibandingkan dengan media lainnya.

Karena begitu besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia dan seluruh dunia, media online dapat dijadikan sebagai alat promosi yang menjanjikan bagi pengusaha Indonesia dalam memasarkan produknya ke pasar global.

"Menurut data MarkPlus Insight, pengguna internet di Indonesia, pada tahun 2011  tumbuh sebesar 30% dari tahun sebelumnya, yaitu menjadi 55 juta orang pengguna, dengan waktu akses internet rata-rata 3 jam per hari," Gusmardi

Tambahnya, potensi pasar untuk program Bisnis Lokal Go Online masih pada angka 0,15% dari total UKM Indonesia yang berjumlah 50 juta UKM.

Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan, bekerja sama dengan Hong Kong Trade Development Council (HKTDC), menyelenggarakan seminar mengenai "Online Marketing" bagi para pengusaha Indonesia di kantor Kemendag, Selasa (27/6). Seminar ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara DJPEN dan HKTDC yang ditandatangani pada 20 Februari 2012 di Hong Kong.

Melalui seminar ini, diharapkan, para pengusaha Indonesia dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki media online sebagai media promosi produk sehingga dapat meningkatkan penjualan baik untuk pasar domestik maupun luar negeri (ekspor).

"Kami berharap, melalui seminar "Online Marketing" ini para pelaku usaha Indonesia dapat memanfaatkan prospek pengembangan bisnis melalui media online, yang pada akhirnya akan menuju pada pengembangan usaha dan perkembangan profil perdagangan Indonesia pada umumnya," kata Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Gatot Prasetyo Adjie. [WS]


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 01.21  

0 komentar:

Poskan Komentar